Jumat, 04 Maret 2016

Amalan di 10 hari pertama bulan dzulhijjah

Amalan di 10 hari pertama bulan dzulhijjah


Amalan 1 hingga 10 dzulhijjah, keutamaan bulan dzulhijjah, keutamaan puasa bulan dzulhijjah, amalan puasa di bulan haji 10 awal dzulhijjah, keutamaan puasa sunnah dzulhijjah, satu dzulhijjah, niat puasa bulan dzulhijjah, keutamaan 10 hari pertama bulan dzulhijjah dan amalan yang disyariatkan, Sebagaimana diterangkan sebelumnya bahwa amalan di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah walaupun amalan yang dilakukan adalah kurang afdhol, Karena itulah, amalan yang dilakukan selama 10 hari pertama Dzulhijjah menjadi amal yang sangat dicintai Allah. Kita kini berada dalam rangkaian sepuluh hari pertama dari bulan Dzulhijjah. Sepuluh hari yang agung. Keutamaan Bulan Dzulhijjah dan Amalan-amalan Utamanya.

Amalan Utama di Awal Bulan Zulhijjah, Dalil lain yang menunjukkan keutamaan 10 hari pertama Dzulhijah, Melanjutkan bahasan dalam tulisan sebelumnya mengenai bandingan amalan 10 hari pertama Dzulhijjah dengan jihad, kita akan melihat beberapa amalan, Dzikir (takbir, tahmid dan tahlil) bersifat muqayyad, Niat Puasa Dzulhijjah Tarwiyah dan Arafah, kedua puasa Bulan Dzulhijjah tersebut hukumnya sunnah, Niat puasanya juga sangat mudah di hafalkan, Adakah keutamaan sepuluh hari pertam bulan Dzulhijjah dibanding dengan puasa yang lain, Dzulhijjah adalah salah satu bulan mulia dalam kalender Islam. Banyak umat Islam yang menantikan kedatangannya, khususnya para calon haji, 'Ayyam ma'lumaat' menurut salah satu penafsiran adalah sepuluh hari pertama Dzulhijjah. Pendapat ini adalah pendapat jumhur (mayoritas) ulama, keutamaan puasa 10 hari pertama bulan dzulhijjah.


# 1. Keutamaan puasa 10 hari pertama di bulan dzulhijjah


Amalan di 10 hari pertama bulan dzulhijjahAmalan di 10 hari pertama bulan dzulhijjahAmalan di 10 hari pertama bulan dzulhijjahAmalan di 10 hari pertama bulan dzulhijjahKeutamaan puasa 10 hari pertama di bulan dzulhijjahKeutamaan puasa 10 hari pertama di bulan dzulhijjahKeutamaan puasa 10 hari pertama di bulan dzulhijjah


# 2. Amalan di 10 hari pertama bulan dzulhijjah oleh kaum muslimin yang tidak berhaji


✅ 1 - 9 Dzulhijjah

• Puasa sunnah awal Dzulhijjah.
• Perbanyak takbir mutlak, tidak dibatasi waktu dan tempat. Boleh saat di pasar, di jalan, di kendaraan, di rumah, diperintahkan untuk terus bertakbir seperti layaknya takbiran hari raya.
• Perbanyak amalan shalih seperti sedekah.
• Larangan potong rambut dan kuku dari awal Dzulhijjah sampai hewan qurban disembelih.

✅ 9 Dzulhijjah

• Puasa Arafah.
• Perbanyak doa di hari Arafah karena sebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah.

✅ 9 Dzulhijjah Ba'da Shubuh Hingga Waktu Ashar pada Hari Tasyriq yang Terakhir (13 Dzulhijjah)

• Perbanyak takbir muqayyad, yaitu setelah shalat lima waktu maupun shalat sunnah. Baiknya tetap mendahululan dzikir setelah shalat kemudian perbanyak takbir.

* Wanita diperintahkan melirihkan suara, sedangkan laki-laki mengeraskan suara takbir.

✅ 10 Dzulhijjah

• Shalat Idul Adha
• Penyembelihan qurban
• Tidak boleh puasa

✅ Hari-Hari Tasyriq (11, 12, 13 Dzulhijjah)

• Penyembelihan qurban
• Tidak boleh puasa
• Perbanyak doa sapu jagad: Rabbana aatinaa fid dunyaa hasanah wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa 'adzaaban naar.

▶ 1 Dzulhijjah diperkirakan jatuh pada tanggal 15 September 2015 berdasarkan kalender pemerintah RI.

Wallahu waliyyut taufiq, hanya Allah yang beri taufik dan kemudahan untuk mengamalkan amalan shalih di atas.

Baca juga

Macam macam puasa sunnah dan waktu pelaksanaannya dan manfaatnya


Amalan 1 hingga 10 dzulhijjah, keutamaan bulan dzulhijjah, Amalan di 10 hari pertama bulan dzulhijjah, Baca juga Hadits Hikmah Larangan Memotong Rambut dan Kuku bagi Shohibul QurbanAmalan di 10 hari pertama bulan dzulhijjah oleh kaum muslimin yang tidak berhaji.